Cuci Tangan Biar Gak Hepatitis :):)

21.48.00


Today is world hepatitis day 2013. Mungkin ada beberapa yang bertanya-tanya, apa sih Hepatitis itu? sebegitu pentingnyakah, sampai ada satu hari khusus untuk memperingatinya?

Apasih Hepatitis itu?
Hepatitis adalah penyakit peradangan pada hepar (hati) yang disebabkan oleh infeksi virus. Virus ini mematikan, dan merupakan salah satu penyebab terbanyak dari transplantasi hati. 
Ada 5 virus yang sampai saat ini terdeteksi mampu menyebabkan hepatitis, yaitu virus Hepatitis A, B, C, D, dan E, dengan akibat masing-masing penyakit Hepatitis A, B, dan seterusnya.

Wah, seberapa parahnya, tuh?
Setiap virus memberikan tingkat keparahan yang berbeda. Virus Hepatitis A sendiri tidak menyebabkan infeksi kronis, sedangkan Hepatitis B dan C bisa menyebabkan infeksi kronis atau menahun. Gejalanya mirip-mirip dengan penyakit lainnya seperti influenza, atau bahkan tidak bergejala sama sekali. Gejala khasnya adalah kekuningan pada mata dan kulit.

Kok serem banget sih? Gimana cara nularnya, tuh?
Nah, inilah gunanya sanitasi atau kebersihan. Virus hepatitis keluar bersama dengan feses, dan bisa tertular apabila seseorang tak sengaja tertelan virus tersebut. 
Yakin nggak akan makan feses, baik sengaja ataupun nggak sengaja? Eits, jangan salah. Kamu kan nggak tahu seberapa bersih makananmu. Bisa saja mencucinya dengan air yang kurang bersih yang ternyata bekas 'wc'-nya orang hepatitis. Atau bisa saja kokinya hepatitis yang baru saja buang air dan lupa cuci tangan. Menjijikan? banget! Inilah gunanya cuci tangan kapanpun, langkah sekecil apapun bisa mencegah kita terkena hepatitis dan kita menularkan hepatitis.
Untuk Hepatitis B dan C sendiri, tertular dengan hubungan seks dan pemakaian jarum bersama. Inilah pentingnya gerakan tidak ada seks sebelum menikah. Well, bisa saja sih, kamu tetap terkena hepatitis, makanya inilah pentingnya mengenal calon pendamping hidupnya luar dan dalam sebelum menikah. 

Terus, gimana cara mencegahnya?
Sekarang sudah ada vaksin untuk hepatitis A dan hepatitis B, yang sekarang juga sudah diwajibkan sejak bayi, tetapi belum ada untuk hepatitis C. Selain vaksin, tindakan sanitasi tadi juga sangat berperan. Mudah banget caranya, cukup dengan mencuci tangan sesudah ke wc, sebelum dan sesudah makan, sesudah bersih-bersih, yah pokoknya sesudah melakukan hal yang tidak steril, deh :3

Gimana tuh, cara cuci tangan yang bener?
Ini ada tehnik mencuci tangan yang baik dan benar dari WHO karena terbukti menghapus lebih banyak kuman daripada mencuci tangan biasa. Memang sih, waktu yang dibutuhkan jadi lebih lama, tapi, demi kesehatan yang lebih baik, mengapa tidak?

sumber : http://www.who.int/

Let's start from yourself! Ayo cuci tangan demi kesehatan yang lebih baik :)
Know it, confront it!
#WorldHepatitisDay2013

sumber : CDC

You Might Also Like

0 komentar

Thank you for reading!

Silahkan tulis comment kamu dibawah ini! Rekomendasi, pertanyaan, feedback, atau follow gfc juga boleh. Please use your real name and e-mail. Spam comments will be block. Thank you!

Popular Posts

Bloglovin'

Communities

Blogger Perempuan
Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support