Barisan Pidipidip

19.21.00

Let's go report about last event!!

Jadi gini, september lalu, saya ke Bandung bersama dengan beberapa anak SCORP (dan bapak trans-SCO kita yang nyempil satu) dari CIMSA UNS untuk ikut meeting SCORP Nasional yaitu SCORP CAMP!! Yayness!

The superb photobooth and welcoming board - Welcome to SCORP CAMP 2013!!
SCORP Camp tahun ini diadakan di Bandung oleh CIMSA FK Unpad, dan seperti konsep biasanya, make camping ground gitu. No signal, jauh dari peradaban, pokoknya meng-alam banget deh. Saya yang notabene bukan anak alam (dan sesungguhnya tidak berniat sama sekali untuk jadi anak alam), udah sok-sokan aja ikutan. Pokoknya cuma pengen seneng-senengnya.

Dan ternyata, SCORP FK Unpad mengerti itu. Camping groundnya gak terlalu berat, tetep ada kamar mandi yang bersih dan gak terlalu alam liar gitu, tapi emang hijau dimana-mana. seru banget, deh, spotnya.

The green invansion
Saya kesana meninggalkan kegiatan wajib diskusi tutorial dan Skills Lab. Kakak tingkat saya lebih ekstrim lagi, meninggalkan responsi. Saya sih gak papa. SCORP Camp diakhir minggu badai responsi tuh bener-bener jadi getaway banget. Puas banget deh, rasanya beberapa hari cuman ditemani pepohonan dan teman-teman CIMSA bermisi sama.

Ngapain aja disana?
Materi yang banyak. Tapi, materinya seru! Ngebahas bagaimana standar minimal pelayanan di pengungsian, disaster management juga. Yang pertama, sih, yang seru. Itu hal baru yang saya pikir gak pernah terpikirkan oleh para penyelamat pengungsi bencana di luar sana. Kayak, gimana caranya menjadikan pengungsian itu bukan cuma tempat asal jadi, asal tidur, asal ada, tapi bener-bener nyaman dan gak bikin mereka malah sakit. Banyak, loh, yang meninggal di tempat pengungsian, bukan karena bencana, tapi karena standar di pengungsiannya ini. Sedikit share, jangan ngasih bantuan berupa Indomie & mie instan lainnya dan susu formula. Why? Mereka gak punya air bersih buat mengolahnya. Mau dimakan mentah-mentah? Hello, kasian lambungnya. Mendingan beliin kayak alat-alat kebersihan, air bersih, obat-obatan, beras, dan semacamnya. Untuk disaster managementnya, sayangnya saya nggak begitu merhatiin karena telat dateng dan telanjur dapet tempat dibelakang. Tapi, ini berguna banget! Bencana ada dimana-mana, dan SCORP ada untuk menjaga para korban bencana itu tetep bisa hidup ;)
Ada night hiking juga. Ini nih, yang beda. Berjalan sendiri di tengah hutan di bukit dan hanya ditemani satu senter. Deg-degan, sih, tapi karena medan gak berat dan nggak seram, biasa aja jadinya. Setelahnya, satu kelompok yang hanya boleh satu sumber sinar dengan medan yang luar biasa. Tanjakan super miring, jalanan licin, dan semacamnya. Tapi, satu kelompok jadi solid dan seru hihihihi.
Menanam pohon. Disini kita nggak ikut sih karena udah waktunya pulang. hahaha
Diskusi SCORP se-Indonesia. Dengan adanya NCORP (National Commitee of Human Rights and Peace) yang memfasilitasi, SCORP se-Indonesia jadi saling ngeshare project andalannya masing-masing, lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Psst, Sekolah Binaan SCORP UNS dipuji jadi yang berkonsep matang juga, loh :'D Kita bisa menginspirasi dan terinspirasi lokal-lokal lain. Meski beda lokal, tetep satu CIMSA, satu Indonesia :)
Farewell party. Ini paaaas banget abis night hiking, kita langsung disambut oleh OC untuk mulai farewell party. Ada persembahan lokal dan NC, persembahan OC, awarding night, and so on

The super farewell party spot. Anyway, baru sadar disitu ada saya ._.
Ada siapa aja?
Banyak!! Delegasi dari SCORP CIMSA di berbagai Universitas. Kalo kemarin, ada UI, UIN, Unpad, Unisula, UNS, UMS, UMY, UA, dan NCORP itu sendiri (semoga nggak ada yang kelewatan disebut) delegasinya seru-seru bangeeeet dan tentunya banyak kenalan banget

The night hiking team! Basis Solo - UNS & UMS

Another unforgettable memories?
1. Naik tronton
2. Ngerasain dinginnya udara Kareumbi dan udara Bandung di pagi buta dan malam larut. Sampe harus dua jaket dan double celana dan sarung tangan dan kaos kaki. Beuh lengkap lapisnya. Udah kayak risol *laper*
3. Ngerasain camping. Seruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
4. Ketemu banyak orang, termasuk beberapa troopers yang gak bisa ditemuin OM nanti</3
5. Naik kereta ekonomi. Hahaha cukup norak sih sebenernya pengalaman ini. Yasudalahya
6. Perform saman for the first time
7. Ketemu Cita!!!! Temen satu SMA yang terpisahkan oleh dinding universitas dan batas wilayah provinsi♥

and so on, and so on. 
Intinya, this getaway is really, really, really fun. I had a greeaaaaaaaaaat time. I will look forward to attend this event again, next year'

enjoy some of the photos!






The SCORP Camp 2013 delegates
Tidak lupa, jaket kebangaan CIMSA

Salam pidipidip!! 
Mahardhika Kartikandini
SCORP-ion
Center for Indonesian Medical Student's Activities
Universitas Sebelas Maret

(image courtesy of OC SCORP Camp 2013)

You Might Also Like

0 komentar

Thank you for reading!

Silahkan tulis comment kamu dibawah ini! Rekomendasi, pertanyaan, feedback, atau follow gfc juga boleh. Please use your real name and e-mail. Spam comments will be block. Thank you!

Popular Posts

Bloglovin'

Communities

Blogger Perempuan
Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support