Biggest SKS in History

12.04.00



Ada tiga hal yang selalu ditanyakan oleh keluarga jauh saat lagi bertemu.
satu, gimana kuliahnya? Udah lulus belum?
dua, udah punya pacar belum?
tiga, nanti mau kerja dimana/ambil spesialis apa/ambil S2 apa?

Salah satu biggest achievement dalam hidupku adalah... aku sudah punya jawaban untuk yang nomor satu. 

Puji Tuhan, selesai juga beban 5 SKS ini.
But, still, belum punya jawaban untuk yang nomor dua. Yang nomor tiga, well, nanti dulu deh ya mikir seriusnya.

Puji Tuhan, beban terbesar mahasiswa tingkat akhir selesai juga. Setelah marathon menyelesaikan skripsi ini dalam waktu kurang lebih 6 bulan, aku lulus sidang juga. FYI, aku sidang di H-2 ujian blok, dan minggu depannya OSCE (Objective-Structured Clinical Examination - semacam ujian praktek gitu, deh). Ujian memang selalu ada dalam hidup ini, bro.

Mau cerita sedikit tentang perjalanan skripsiku. Awal start skripsi untuk angkatanku ini memang lebih terlambat dibandingkan angkatan-angkatan sebelumnya. Angkatan sebelumnya sudah punya judul penelitian di bulan Februari (bahkan ada yang Agustus sudah sidang!), sementara angkatanku di bulan Mei baru mendapat judul. Semua langsung ngebut pingin ujian proposal sebelum KKN di bulan Juni. Aku juga niatnya begitu, namun apa daya diriku belum sanggup sengebut itu.

Aku mengambil skripsi di bidang Ilmu Kesehatan Anak, simply karena aku pingin aja jadi dokter anak. Dan, kudengar dosen-dosen IKA baik-baik, jadi aku pikir gak ada salahnya aku mencoba. Awalnya ragu juga sih, karena kalau aku ambil IKA, berarti aku ambil skripsi jalur klinis dan musuh terbesarnya adalah dosen yang sibuk dan sulit ditemui. I have to say, that's true. Tapi, nasi sudah menjadi bubur, jadi yasudah jalani saja.

Aku nggak sempat ujian proposal sebelum KKN, jadi sepanjanga KKN itu aku kerjakan sambil membuat proposal. Hal ini cukup bikin teman-teman sekelompokku kaget, kok aku cepet banget udah nyusun proposal aja. Sampai dikatain kerajinan karena masih stay awake sampai malam untuk nyusun proposal :"). Akhirnya aku baru ujian proposal di bulan Oktober, padahal aku mulai menulis itu di bulan Juni. Penyusunan proposal itu emang lama banget, bro. Apalagi untuk aku yang nggak pernah ikutan penelitian sebelumnya, gak pernah nulis, dan tahu-tahu disuruh nulis ilmiah begini. Bingung banget awalnya nggak tahu harus mulai darimana...

Jadi aku punya dua pembimbing. Yang pembimbing utama itu baik banget, tapi telitinya luar biasa. Berkali-kali aku direvisi karena konten dan format penulisan :"). Yang pembimbing dua itu baik, tapii sayangnya beliau maunya aku belajar sendiri dulu. Mana materinya tentang metodologi penelitian, sesuatu yang aku sama sekali nggak mengerti. Akhirnya mencari-cari sendiri, deh,

kalo kamu suka anak-anak, mungkin kesukaanmu akan berubah ketika kamu harus menghadapi anak-anak SD untuk penelitian. Berisik, bro. 
Penelitianku berjalan dengan cepat dan lancar selama 2 minggu. Pengorbanannya sih, merelakan diri kepanasan, kecapekan, dan sabar menghadapi ratusan anak-anak SD yang berisik, dan juga bolos kuliah hahaha. Apa boleh buat kak, kalo nggak kayak gitu skripsi saya lebih lama lagi selesainya.

Penyusunan skripsi selama sebulanan, dan akhirnya mendapatkan ACC juga untuk maju sidang skripsi. Saking groginya, aku udah persiapan sidang dari lebih dari seminggu sebelumnya. Puji Tuhan dosennya baik-baik semua, jadi aku nggak diserang dengan terlalu banyak pertanyaan. Revisi pasti ada, ada yang konten maupun format penulisan. Tapi nggak apa lah, yang penting sudah lulus mehehe.

All-time favourite baes. I really don't know what would I be without these guys :")
9 out of 12
Skripsiku nggak aku kerjain sendiri. Selain bantuan dari pembimbing dan penguji, of course, aku didukung sama teman-teman yang selalu ada di saat susah dan senang ini. Ngerjain skripsi bareng, konsultasi bareng, saling menguatkan, saling membantu, refreshing bareng juga. Ditemani gosip hangat random di H-1 sidangku juga, mewarnai hidupku sekali ya kalian ini :")

Kami semua lulus tepat waktu sampai semester 7. Kami berdua belas lulus 3,5 tahun, meskipun banyak cobaannya, obstaclesnya, naik turun kehidupan kuliah, but we finally did it.

Aku mau nulis juga tentang tips dan trik ngerjain skripsi, tapi nggak di posting ini karena akan kepanjangan. Ditunggu yaa postingan selanjutnyaa!

Jangan lupa comment, follow, dan share blog ini yaa! I will see you guys soon 

Untuk perjuangan tiada akhir, 
Mahardhika Kartikandini, S.Ked

You Might Also Like

0 komentar

Thank you for reading!

Silahkan tulis comment kamu dibawah ini! Rekomendasi, pertanyaan, feedback, atau follow gfc juga boleh. Please use your real name and e-mail. Spam comments will be block. Thank you!

Popular Posts

Bloglovin'

Communities

Blogger Perempuan
Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support