Minum Air, Yuk!

15.51.00




Selamat pagi dari halaman belakang rumah Cilla
(sebenernya ini nggak pagi sih, tapi fotonya diambil saat pagi. Anggap aja pagi terus ya guys :p )

Jadi, Cilla itu hobi banget yang namanya makan makanan sehat. Meskipun, masih sering ngemil, sih, tapi kalau makan benernya lebih sehat deh dibandingkan jaman-jaman dulu. Dulu sih awalnya karena diet, jadi terpaksa gitu buat makan sehat, terus lama-lama jadi kebiasaan dan malah jadi nggak mau makan kayak fast food, indomie, gorengan (kadang sih, kalau kepepet nggak ada makanan lain atau udah laper luar biasa). Selalu ngestok buah di kulkas buat cemilan, kalau makan selalu ada sayurnya dan sangat menghindari lauk yang digoreng. 

Selain itu, aku juga suka banget minum air. Wah, parah. Aku juga nggak ngerti kenapa, tapi pokoknya aku gampang haus dan yang pertama kali aku raih itu pasti air putih, Kalau di kos, satu galon aqua di aku habis dalam waktu 5-7 hari saja, padahal cuman buat minum air putih sama bikin kopi 2 kali sehari. Kalau minimal minum air 8 gelas sehari, kayaknya aku udah lebih deh,,, 

Tapi, aku masih sering banget denger temenku atau orang lain gitu ngomong,"aku nggak banyak kok minumnya" atau "males ah air putih, mau yang lain aja". Nggak bermaksud judgemental, tapi aku agak heran aja sama orang-orang yang nggak suka minum. Padahal air putih kan kebutuhan primer :( 

Cilla, emang manfaatnya air putih itu apa aja sih? 


Wah, one goes a long way. Air putih itu berguna buat menjaga tubuh kamu dari kekurangan cairan. Emang kalau kekurangan cairan itu bisa apa aja? 

Satu, dehidrasi. Kamu nggak akan mau dehidrasi karena rasanya nggak enak banget. Di kuliah, aku belajar kalau penatalaksanaannya dehidrasi itu susah, apalagi kalau dehidrasinya udah berat. Dulu waktu kecil aku pernah dehidrasi sampai masuk rumah sakit, dan rasanya nggak enak banget. Muntaber gak selesai-selesai, tapi dimasukin apapun langsung keluar lagi. Kalau udah sampe begitu, caranya harus diinfus. Yah, kalau kamu suka diinfus sih nggak apa-apa, tapi aku sih nggak mau....

Dua, kulit jadi kering dan keriput. Kulit kamu kering banget dan nggak mempan dipakein body lotion apapun? Mungkin, kamu kekurangan cairan. Coba deh dibanyakin minum air putihnya, kita lihat apakah kamu merasa ada perubahan di kulit kamu 

Tiga, kehilangan konsentrasi. Seperti iklannya Aqua yang,"butuh aqua?", itu emang bener banget guys. Jadi gini, otak itu membutuhkan oksigen dan cairan yang cukup, karena kalau nggak ada dia nggak bisa bermetabolisme atau mencerna zat-zat yang kita makan. Bayangin aja, kamu besok ujian, udah siapin 1 lusin donat plus 1 kg buah plus 2 kaleng kopi buat menemani malam kamu, tapi kamu nggak minum air sama sekali. Makanannya udah kamu abisin, tapi kamu rasanya nggak fokus buat belajar. Karena, sebanyak makanan yang kamu makan tadi, nutrisinya kebuang semua, nggak bisa dipake sama otak. Berbeda sama tubuh kita yang masih bisa bertahan tanpa air dan makanan, otak kita nggak bisa guys. 

Sebenarnya masih banyak lagi konsekuensinya, tapi kalau kutulis disini bisa kepanjangan, jadi hanya beberapa saja yaaa. 

My favorite mason jar! Gelasnya imut banget, pingin minum terus 
Tapi, Cilla, aku nggak suka air putih. Plis kasih aku tips biar suka minum air putih! Yeeshhh, Cilla ada beberapa saran guys, semoga berguna yaaa. 

Satu, camkan ke diri kamu kalau kamu butuh minum. Itu adalah start awal, karena kalau enggak, sebanyak apapun tips yang aku kasih nggak akan mempan

Dua, gabungin air putih kamu ke minuman lain. Misal, bikin jus, bikin teh, bikin infused water kayak fotoku yang di atas. (Resepnya kapan-kapan aku bikin yaah!). Dengan begitu, kamu nggak akan bosen sama rasa air putih yang... plain. 

Tiga, pasang jadwal minum air putihWhat? Minum air aja pake jadwal? Iya, tapi nggak usah terlalu patuh banget nggak papa guys, yang penting kamu inget kalau kamu harus minum. Sekarang banyak kok application di smartphone yang didesain untuk mengingatkan kamu minum, misalnya Daily Water Free (apple) atau Aqualert (android). Kalau kamu malas, kamu bisa pakai reminder biasa aja di handphone kamu. Salah satu cara menjadwalkannya adalah dengan membagi air ke dalam botol-botol yang kamu labelin untuk kamu minum di setiap waktunya (Tips from : Domestic Fashionista).

I swear I'm not using any mascara right now, tapi kenapa bulu mata gue naik banget :")

Semoga kamu jadi terinspirasi buat minum air putih yaa! Ingat, air putih itu kebutuhan primer, jadi harus harus harus banget dipenuhi, no excuse. Kesehatan itu mahal harganya, jadi harus dijaga dari sekarang.

Happy water drinking!

XOXO, 
Mahardhika Kartikandini

You Might Also Like

0 komentar

Thank you for reading!

Silahkan tulis comment kamu dibawah ini! Rekomendasi, pertanyaan, feedback, atau follow gfc juga boleh. Please use your real name and e-mail. Spam comments will be block. Thank you!

Popular Posts

Bloglovin'

Communities

Blogger Perempuan
Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support