Tips : Merantau

21.34.00



Halo!

Kali ini aku mau berbagi beberapa tips untuk kalian yang baru saja merantau atau berencana akan merantau. Tips-tips ini berdasarkan pengalamanku selama merantau di Kota Solo selama hampir 4 tahun, dan masih akan menetap disini,

Dulu, waktu memilih universitas, aku memang sengaja memilih universitas yang diluar kota asalku. Alasannya, karena memang mau di universitas tersebut, jadi yaudah lah terusin aja. I never thought - not a bit - about how different a 'merantau' life is. Dan, ternyata, takdir berkata lain, aku diterima di universitas yang bukan impianku, tapi sama-sama merantau.

Foto pertama PD-2012. Paginya nyampe Solo, malemnya langsung ketemu mereka
Aku diterima di universitas yang sama sekali aku nggak tahu berntukannya kayak apa, nggak kebayang aku akan kuliah disini, yang iseng kudaftar karena desperate-nya belum dapat kuliah, dan nggak pernah mengunjungi kota ini sebelumnya. Sama sekali. Nggak. Pernah. Lihat bentukan kotanya gimana, di TV atau di majalah atau di iklan aja enggak. Bukan, bukan berarti Solo itu nggak terjamah apa gimana, guenya aja yang kuper nggak pernah nonton tipi apalagi nonton sinetron. Jetlag, pasti ada. Bingung, pasti ada,




Pertama dan terutama, terimalah nasibmu. Dimanapun kamu berada, itu bukan kebetulan. Nggak ada gunanya denial kelamaan, yang ada malah bikin kamu gak move on dan nggak mau beranjak dari zona nyaman. I never thought I would enjoy my time here, that I will try another shot of test the next year, but I'm still breathing here. Lebih baik kamu cari spot-spot seru yang bisa kamu datangi di daerah perantauan kamu, lumayan buat nongki asik di malam minggu.

Kedua, cari teman. Ini penting banget, dasar, basis, esensial, dan nggak boleh dilupakan. Sebelum merantau. aku nggak pernah menyangka bahwa aku akan se-kangen itu sama rumah, sama orang tua. Pertama tidur di kamar kos, tidurku harap-harap cemas. Takut kenapa-kenapa sementara keluarga jauh banget jaraknya. Nyari temen itu penting banget bro, karena kamu pasti akan butuh pendukung dan penemani kehidupan mandirimu disini. Kalau kamu anaknya terlalu introvert dan nggak mau punya temen, saranku tetap cari. Satu juga nggak papa deh, seenggaknya kamu tahu akan ada yang bisa bantuin kamu kalau kamu kenapa-kenapa.

Ketiga, cari aktivitas dan kesibukan. Kehidupan kuliah itu banyak naik-turunnya guys. Akan ada waktu dimana kalian sibuk banget dan waktu dimana kalian lowong banget. Biasanya, waktu lowong itu waktu rentan galau dan baper karena kangen rumah. Carilah aktivitas yang sesuai sama passion kamu, yang kamu bisa enjoy ngelakuinnya. Bisa apapun, mulai dari ikutan UKM, ikutan organisasi, cari kerjaan freelance, ikutan klub olahraga, apapun yang kira-kira bisa mengalihkan pikiranmu dari 'pengen pulang' di saat kamu seharusnya belum pulang.

Keempat, tandai tanggal-tanggal long weekend atau tanggal libur. Ini adalah tanggal-tanggal dimana kamu bisa melepas kangen pada rumah dan pulang, meskipun cuma sebentar. Cari tahu diskon-diskon transportasi dan websitenya (semacam Traveloka, tiket(dot)com, dan lain-lain). Biasanya, di semester pertama anak-anak perantauan itu masih pada takut-takut pulang karena takut jadwal kuliah yang nggak pasti, tapi makin ke atas, kamu bisa melihat pola jadwal yang kira-kira bisa kamu curi untuk liburan. Tiga malam di rumah, kalau kamu sudah kangen banget, itu sudah cukup untuk mem-boost up semangat dan mood kamu.

Kelima, atur keuangan. Nah, ini nih penyakitnya mahasiswa perantauan. Mahasiswa perantauan itu identik banget sama indomie, tapi, believe it or not, aku jarangggg banget makan indomie. Kayaknya terakhir kali makan indomie itu udah bertahun-tahun yang lalu... Kok bisa? Seiring berjalannya waktu, aku belajar buat nge-budget pengeluaranku dan selalu mencatat pengeluaranku. Mungkin untuk beberapa orang terdengar aneh dan lebay, but, trust me, kamu akan butuh ini kalau nggak mau hampir mati kelaparan di akhir bulan.

Keenam, jaga kesehatan. Kamu nggak akan mau jatuh sakit di daerah perantauanmu, karena itu nggak enak banget. Buat cewek-cewek tukang diet diluar sana (contohnya, gue), jaga kesehatan itu berbeda dengan makan banyak ya, makan banyak itu juga nggak sehat. Intinya, kamu harus tau limitnya tubuh kamu, nggak memaksakan diri melewati limit itu, dan makan dan minum obat disaat tubuhmu membutuhkannya. Koleksi obat-obatan dan P3K di kosan nggak ada salahnya juga.

Terakhir, tetap jaga komunikasi. Se-males-malesnya kamu megang handphone dan berinteraksi dengan orang (seperti aku), telepon atau SMS dari orang tua harus tetap diterima. Jangan lupa dibales karena mereka orang tua kamu, bukan mantanmu yang biasanya kamu read doang. Pernah ngerasain nge-line pacar nggak dibales-bales? Nah, kayak gitu juga perasaannya kalau ortumu menghubungimu tapi kamunya unreachable, cemas, panik.
*btw yang nulis ini sebenernya nggak tau guys gimana rasanya*
Keep in touch jugaa dengan teman-teman lama! Kalau libur semesteran lama 'kan bisa ketemuan juga.

Sebenarnya masih banyak lagi tips yang bisa aku kasih selama merantau, tapi kurasa yang cukup applicable untuk semua kota adalah ketujuh ini. Mohon maaf ya guys kalau ada kesalahan kata atau yang tersinggung dengan tulisannya.

Terima kasih sudah membaca! Jangan lupa kasih feedback dan saran untuk Cilla karena Cilla hanyalah manusia yang tidak sempurna, seperti blog ini pun tidak sempurna. Jangan lupa klik icon social media di bawah untuk share ke social media kamu! Follow juga blog ini dengan memasukkan e-mail kamu di kolom sebelah kanan di bagian Bloglovin'. Terima kasih dan sampai jumpa lagi!


Karena sesungguhnya merantau adalah latihan kita untuk menjadi mandiri. 

Salam rantau!
Mahardhika Kartikandini, S.Ked


You Might Also Like

2 komentar

  1. Hehehe, kita hampir samaan loh. Gue juga nyatet apa aja pengeluaran gue di buku khusus, jadi tau tuh uang kemana aja ngelayapnya -_- walo gw juga anak kos, gw juga jarang makan mie.. etapi, entah kenapa dua bulan belakangan ini gw lagi suka makan indomie. Ah! -_- Hidup ga sehat (tapi enak) ini mesti gue sudahi.

    Anyway, Sherly suka lohhhh baca-baca blog yang cerita daily life gini (selain tentang makeup tentunya). Sherly follow back blog kamyuhhhhh :*

    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaahh makasih banyak yaaa :D senang sekali post ini dibacaa meskipun sudah lumayan lama postnya :")

      Hapus

Thank you for reading!

Silahkan tulis comment kamu dibawah ini! Rekomendasi, pertanyaan, feedback, atau follow gfc juga boleh. Please use your real name and e-mail. Spam comments will be block. Thank you!

Popular Posts

Bloglovin'

Communities

Blogger Perempuan
Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support