Healthy Breakfast : Overnight Oats

22.16.00

Haii!

Kali ini aku mau berbagi resep sarapan yang lagi aku suka banget, yaitu oatmeal. Well, gak semua orang suka oatmeal, padahal oats adalah makanan sehat termurah yang pernah ada. Oatmeal ini pengganti karbohidrat yang kaya akan serat dan pastinya lebih sehat dibandingkan nasi atau roti.
Nggak semua orang suka sarapan. Apalagi buat mahasiswa, sarapan itu peer banget karena harus bangun dan berangkat lebih pagi. Padahal, sarapan akan membuat kamu lebih siap menghadapi hari dan menjaga kamu overeating di makan selanjutnya.

Buat kamu yang mengikuti tren makan sehat, resep ini sebenarnya udah banyak banget beredar di youtube, instagram, pinterest, dan lain-lain. Udah banyak banget Youtuber yang bikin resep oatmeal dengan berbagai variasi topping dan rasa, contohnya Mind Over Munch dan The Domestic Geek

screenshot Youtube The Domestic Geek dan Mind Over Munch
Basically, oats ini dibuat selama semalam di dalam kulkas, jadi keesokan harinya kamu tinggal ambil dan menambahkan topping dan yang kamu inginkan. Simpel banget! Oatmeal ini rasanya dingin dan segar dan lebih enak dibandingkan oatmeal hangat, tapi kalau kamu lebih suka oatmeal hangat, bisa kamu hangatkan di microwave. 

Resep ini gampang banget dan sangat mudah! Let's jump right in!



Bahan-bahan yang dibutuhkan :
- Quick cooking Oatmeal atau Rolled Oats, 1 cup.
- Susu kedelai, 1 cup
- Topping yang diinginkan (aku memakai cinnamon, kismis, dan madu. Jumlahnya sesuai selera aja)

Resep basic overnight oats :
1) masukkan oatmeal ke dalam wadah yang ada penutupnya, bisa mason jar atau tempat makan. Nggak usah besar-besar, yang kecil aja udah cukup, kok

2) masukkan susu sampai oatmeal terendam.
Tips : karena aku nggak suka tekstur oatmeal yang terlalu blenyek, jadi aku hanya menuangkan susu sampai oatmeal terendam saja, lalu besok paginya baru ditambahkan sedikit-sedikit supaya nggak tergumpal

3) masukkan topping dried fruits dan kacang-kacangan

4) tutup, dan biarkan di dalam kulkas selama semalam
5) esok paginya, keluarkan dan tambahkan topping buah atau cinnamon
Tips : kalau untuk topping dried fruit dan kacang, aku lebih suka dimasukkan sejak semalam, jadi rasanya lebih menyatu dan teksturnya jadi nggak terlalu keras. Tapi, untuk buah2an seperti pisang dan sebagainya, lebih enak dimasukkan esok paginya supaya teksturnya nggak blenyek. Kalau kurang manis, ditambahin madu atau buah-buahan yang manis.

What to expect : buat yang belum pernah coba oatmeal sebelumnya pasti akan merasa ini rasanya agak aneh. Oatmeal itu rasanya tawar, jadi rasa yang akan kamu dapatkan itu dari susu dan toppingnya. Kamu bisa juga tambahkan bubuk coklat di susunya, stroberi, selai, dan bahkan madu untuk menambah rasa. Untuk sarapan porsi kecil seperti ini, ternyata kenyang juga loh!


Ini adalah oatmeal buatanku. Disini aku pakai susu kedelai VSoy yang rasa Black Sesame, madu Honey Citron Tea (ini enak banget!!! Madu dengan rasa orange dan potongan kulit lemon. Bisa dibeli di supermarket impor atau online shop), dan bubuk cinnamon.


Sekian dulu aja Health Tips dari Cilla kali ini! Semoga membantu dan menginspirasi untuk sarapan yang lebih sehat dan makan yang lebih sehat. 

Jangan lupa leave comments down below, share post ini dan follow blog ini. Thank you!

Happy healthy breakfast, 
Mahardhika K. 

You Might Also Like

7 komentar

  1. Halooooooo, anyway, makasih udah main ke blog Sherly ya Dini *wkwk, sotoy banget manggilnya. Entah panggilannya siapa, gue sotoy ye manggil Dini :p

    Sering liat nih gue overnight oat. Ternyata gampang yaa... Dan ngenyangin pula. Gue suka oatmeal dan sering gue jadiin pengganti nasi. Karena emang gue males masak nasi di kosan dan lebih suka pake oat.

    Gue bacanya seminggu menjelang puasaan. Hem, kayaknya oke juga nih gw jadiin menu sahur :D Sehat dan ngenyangin!

    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Sherly! Panggil aja Cilla *ga nyambung ya sama nama lengkapnya haha*

      Sehat banget sheeer makan aja pake oats :O aku soalnya kurang suka oatmeal yg dimasak panas-panas gitu, kayak bubur sementara aku ga terlalu suka bubur haha ._. Iyaa bisa banget sheer hihi ditambahin topping macem-macem aja biar lebih kenyang hihi. Senang bisa membantu :):)

      Hapus
    2. Ealah, manggilnya Cilla -_- awalnya bingung tak panggil sapa. Panggil mahardika..kepanjangan. panggil dini.. hmm..

      Iyaaa ngenyangin banget Cil. gw kalo makan oat kayak udah kenyang seharian

      Hapus
  2. waaaa ternyata bikin overnight oats gampang bgt ya ga sampe 5 menit! aku langsung coba resepnya malem ini :D semoga berhasil yah!

    sensitive-explosive.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa praktis bgt kan :D semoga berhasil!

      Hapus
  3. kak, oatnya makr merek apa?

    hai-ija.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku rekomendasi cari oats yg gede-gede, jadi tulisannya steel-cut oats atau muesli :)

      Makasih Ijaa udah mampir!

      Hapus

Thank you for reading!

Silahkan tulis comment kamu dibawah ini! Rekomendasi, pertanyaan, feedback, atau follow gfc juga boleh. Please use your real name and e-mail. Spam comments will be block. Thank you!

Popular Posts

Bloglovin'

Communities

Blogger Perempuan
Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support