Tips #TravelWithCilla : Safe and Budget Shopping

23.37.00

Hal yang wajib dilakukan setiap liburan adalah belanja. Kemana pun kamu pergi, aku rasa momen belanja itu adalah hal yang nggak bisa ditinggalkan. Mau belanja besar, kecil, makanan, pakaian, oleh-oleh, apapun itu, pasti belanja. 

Kebanyakan orang yang berpergian ke suatu kota atau negara, seperti Singapore, Hongkong, Bandung, dan lain-lain, pasti akan bilang,"Mau belanja." Dan, alasan belanja itu juga lah yang menjadi penyebab dompet bolong di tengah-tengah liburan dan menyesali kekalapan. Belanja yang bisa bikin rencana 'budget travel' kamu menjadi 'dompet-bolong-di-tengah-tengah travel'. 

Belanja memang salah satu hal yang wajib kamu lakukan saat travel, apa lagi kalau tujuannya ke tempat wisata. Tapi, kamu bisa mencegah dompet kamu bolong di tengah-tengah travel dengan beberapa tips dari aku! Check this out!

Tips Safe and Budget Shopping ala Cilla :

1) List prioritas belanja kamu beserta harga-harganya secara mendetail, dan catat semua pengeluaran kamu.
Contohnya, kamu mau ke Bangkok, kamu list dulu apa aja yang mau beli disana
Contoh :
- sheet mask 5 pcs = @ THB 50 = THB 250
- messenger bag 1 pc = @ THB 200
- top 2 pcs = @ THB 150 = THB 300
- bottom 1 pc = @ THB 150
- dried mango 2 packs = @ THB 200 = THB 400
- instant Thai Tea 1 pack = @ THB 200
*ini estimasi harga loh ya, bukan harga beneran
Lalu hitung totalnya, lalu pisahkan uang yang akan kamu pakai untuk membeli barang-barang di atas dengan uang kamu untuk kebutuhan lainnya. Kalau perlu beli dua kantung uang atau lebih, yang satu untuk makan dan jajan dan transportasi, yang satu untuk belanja.

Jangan lupa catat pengeluaran kamu! Duh, peer banget ya? Berasa lagi bikin laporan keuangan ya? Percayalah, guys. 5 detik yang kalian korbankan untuk mencatat pengeluaran kamu di notes hp akan membantu kamu mencegah kemiskinan kamu selama 5 bulan mendatang. Tanpa mencatat, pengeluaran kamu nggak akan berasa.
Bikin list dulu!
sumber : weheartit. link
2) Survey tempat belanja dimana kamu mendapatkan barang-barang di atas dengan harga miring.
Silahkan tanya mbah google tempat-tempat belanja di tempat tujuan kamu! Kalau kamu berniat belanja di counter atau toko aslinya, kamu bisa cari website atau webstore toko tersebut.
Pssst, buat yang ke Thailand, aku ada post tentang list tempat-tempat belanja. Bisa cek disini!
#TravelWithCilla : Where to Shop in Bangkok

3) Pakai baju senyaman mungkin
Apalagi kalau kalian mau belanja di market, baju nyaman adalah senjata andalan. Flat shoes atau sneakers, kaos, jeans/shorts (aku sih nggak suka ya belanja desek-desekan pakai rok, tapi kalau kamu nyaman ya silahkan), sling bag, topi atau sunglasses

Hindari sepatu berheels, meskipun heels-nya kecil tapi tetap saja rasanya nggak terlalu nyaman, dan aku nggak rekomen pakai sendal jepit karena terlalu tipis lapisannya dan bisa bikin kakimu pegal. Aku sarankan pakai tas kecil, karena kalau pakai tas ransel rawan kemalingan, dan kalau pakai tas besar ribet. Hindari tas pinggang, kecuali kalau kamu nggak masalah terlihat seperti calo penukar uang atau tukang angkot. Keep travel in style, bro. 

Oiya, kalau kamu berniat belanja banyak, bawa tas besar untuk memuat hasil belanja kamu. Boleh sebesar travel bag atau sebesar koper, yang sesuai sama target belanja kamu aja. 
Jeans, kaus, dan sling bag, keep comfort and in style ya gais *thumbs up*
Sumber : weheartit. link
4) Bawa uang secukupnya. 
Kebanyakan orang yang jalan-jalan ke negara lain pasti bawa uang cash, karena nggak punya tabungannya, ya jelas. Sebelum kamu keluar dari penginapan untuk belanja, bawa uang secukupnya aja berdasarkan list prioritas belanja kamu tadi. Selain menghindari kekalapan, juga menghindari kemalingan karena membawa uang terlalu banyak. Lebih baik uangnya disimpan di safety box di penginapan saja. 

Kalau uang yang kamu bawa ternyata kurang, yang bisa kamu lakukan adalah, pulang sekarang untuk menghindari kekalapan lebih lanjut, atau ambil cash dengan credit card. Banyak ATM yang bisa ambil uang dengan credit card, apalagi di tempat-tempat wisata turis. 

5) Nawar!
Sebenarnya ini adalah tips yang utama, tapi karena kemampuan bargaining setiap orang beda-beda, dan apalagi kalau kamu berwisata ke negara asing yang primary language-nya beda, tips ini akan sulit digunakan. Untuk kamu yang bisa nawar, gunakanlah skill ini sebaik-baiknya. Untuk kamu yang nggak bisa nawar (kayak aku, misalnya), lanjut aja ke tips yang setelahnya
ibu-ibu kalau lagi belanja sama nawar serius banget mukanya.
Lokasi : floating market Bangkok
6) Belanja bareng teman di toko yang sama.
Kalau kamu travel bareng teman atau keluarga, cari barang di toko yang sama yang biasanya ngasih diskon kalau kamu beli beberapa barang. Contohnya waktu di Bangkok kemarin, banyak toko yang kasih diskon kalau kamu beli 2 pcs atau lebih. Kan, lumayan! Kalau kamu travel sendiri, yaaaa mohon maap aja yak, silahkan latih skill bargaining kamu. 

7) Ingat limit bagasi kamu.
Masalah kalap belanja selain dompet bolong adalah... over baggage. Dan, dompet bolong di bandara adalah hal terakhir yang kamu inginkan dari perjalanan kamu. Tipsku adalah beli bagasi yang lebih banyak di awal pemesanan, dan batasi pembelanjaan kamu.

Dan, tips terakhir, yang harus selalu diingat.

8) Think twice.
Selalu pikir dua kali kalau belanja : do I really need this? Ini baju mau gue pakai kemana? Gue udah punya lipstick warna ini belum ya? Pastikan kamu udah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini sebelum kamu mengeluarkan uang yang tidak bisa kamu kembalikan
Tapi sesungguhnya wanita nggak akan pernah kelebihan baju. right, girls?
sumber : weheartit. link
Nah, itu semua tips belanja dari aku! Semogaa membantu supaya kalian tetap bisa belanja fun dan dompet nggak bolong ditengah jalan. Kalau kamu punya tips belanja lainnya, boleh banget comment dibawah dan kita bisa saling sharing. 

Jangan lupa follow blog ini via gfc (aku akan follow back!), comment, dan share ke seluruh social media kamu. 

See you on the next post!


Stay young and awesome,

You Might Also Like

15 komentar

  1. Nice Inspirations

    FOLLOW my Blog!!! Maybe we can follow each other!!!
    www.rimanerenellamemoria.de

    BalasHapus
    Balasan
    1. luckyardininggar.blogspot.com
      follow me, and i will follow u also :)

      Hapus
    2. thankyou, Rimanere! I've followed you :)

      Hapus
  2. Great post! Have a lovely weekend ♥
    As-Agne

    BalasHapus
  3. agree bngeeet :D

    http://luckyardininggar.blogspot.co.id/2016/05/smart-librarian.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi! Makasih yaa sudah mampir :) anyway, aku follow gfcmu :)

      Hapus
  4. Nice tips! Thanks for sharing<3

    Regards,
    a-cupofrain.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you so much! senang bisa membantu :D

      Hapus
  5. Nice tips! Sering banget tuh dompet jebol gara-gara keasikan belanja pas lagi travelling.
    Tapi yang paling bikin dompet jebol tuh belanja oleh-olehnya hehe -_-"

    swingingpadma.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you so much for reading! Iyaa sih bener jugaaa, bisa juga dilist dulu apa aja yg mau dioleh2in hihi. Aku anaknya cukup pelit juga sih kalo oleh oleh jadi pilih pilih wk :p

      Hapus
  6. Nice tips sis berguna banget. Btw aku deg deg an baca kata-kata ini "5 detik yang kalian korbankan untuk mencatat pengeluaran kamu di notes hp akan membantu kamu mencegah kemiskinan kamu selama 5 bulan mendatang." bikin aku jadi sadar gitu.

    Oh iya ada saran dikit dari aku soal tawar-menawar itu harus dilihat dari kemana tujuan travelnya ya dan harus tau soal budaya disana juga. Soalnya kan engga semua negara juga membudayakan tawar menawar ya, beda dengan indonesia yang sukanya nawar mulu. Karena kita kan engga tau di luar negeri ada budaya yang engga suka tawar menawar juga nanti yang ada kita dari negara indo di cap jelek karena sukanya nawar hehe, jadi pelajari juga budaya belanja kalo mau travel ke negara asing :D

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga siss udh mampir :D senang bisa membantu. Iyaa agak drama gitu kalimatnya gapapa lah ya :p soalnya aku suka lupa gitu beli apa aja makanya apa apa harus dicatet XD
      iyaa bener banget sis yg tentang tawar menawar, apalagi kalau di tempat itu udah ada tulisan harga fixnya gitu. Terima kasih banyaak atas masukannya :D

      Hapus
  7. Salah satu yg mujarab sih bikin list, jd kalo dh terpenuhi dan sudah bayar baru tahu deh sisa duit nya berapa.
    Hehhehee


    Buleipotan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Rifka sudah mampir :) senang bisa membantu :D

      XOXO, The Rainbow Days

      Hapus

Thank you for reading!

Silahkan tulis comment kamu dibawah ini! Rekomendasi, pertanyaan, feedback, atau follow gfc juga boleh. Please use your real name and e-mail. Spam comments will be block. Thank you!

Popular Posts

Bloglovin'

Communities

Blogger Perempuan
Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support