#TravelWithCilla : 'Holand' Tour in Farmhouse Lembang

12.09.00


Halo! Selamat datang kembali ke blog ini!

Hari minggu kemarin, aku, Papa, dan adikku Pitta memutuskan untuk pergi ke Bandung selama dua hari satu malam untuk mengantarkan Pitta balik ke kos dan kehidupannya sambil jalan-jalan. "Biar Mbak Cilla ada liburannya,"kata Papa. Sebenarnya sih, aku emang lagi nggak mood untuk liburan, apalagi mengingat weekend kemarin adalah long weekend dan bisa dipastikan seluruh manusia pergi berlibur, aku makin mager lagi. Tapi, yah sudahlah aku ikut aja, kebetulan lagi nganggur juga.

Aku lumayan sering ke Bandung. Dulu, kakekku kerja di Bandung dan punya rumah disana, jadi setiap libur semester pasti kesana dan nginep disana. Sekalinya ke bandung bisa 4 harian lebih, makanya gampang bosenan. Agendanya juga cuma kesitu-situ aja, Bandung Super Mall (waktu itu belum jadi Trans Studio) sama factory outlet di Riau dan Dago, kadang-kadang sampe ke Paris Van Java atau Rumah Mode. Sekarang, kakekku udah pensiun, jadi udah lebih jarang ke Bandung, paling hanya untuk wisata singkat atau natalan, tapi itu pun nggak sering. 

Random fact : sebelum ada Trans Studio Bandung, di lantai atasnya BSM itu emang udah arena bermain yang gede banget (untuk ukuran mall ya, meskipun nggak sebesar Kidzania tapi mirip-mirip lah ukurannya) dan permainannya juga udah banyak. Kayak mini Dufan gitu. Dulu aku seneng banget, pokoknya tiap kali ke Bandung harus ke sana dan gak boleh cuma sekali. 

Unexpectedly, perjalanan ke Bandung nggak macet seperti yang kami bayangkan. Kan aku ngebayanginnya udah ngantri super panjang di tol, macet super parah di Bandung sampe kita mager kemana-mana, tapi ternyata enggak. Mungkin karena aku berangkatnya hari minggu pagi, dan yang mulai ramai yang arah sebaliknya. Di Bandungnya pun nggak terlalu macet juga. Yaa macet senormalnya weekend lah, tapi nggak separah kalau musim liburan. Perjalanan pun standar, jakarta-bandung 3 jam. 

Kami sampai Bandung di jam nanggung yaitu jam 9 pagi. Mall belum buka, tapi belum lapar untuk makan. Akhirnya kita mampir ke Farmhouse Lembang. Aku udah cukup lama mengenal tempat ini, soalnya cukup hits di IG dan social media lainnya, akunya aja yang belum kesampaian ke sana. Tempatnya cukup jauh dan jalannya juga berliku-liku. Sampai sana ternyata rame banget masbro mbabro. Di sekitaran situ dibuka beberapa lapangan kosong untuk parkiran dan untuk masuknya kamu bisa jalan, tapi sayangnya parkirnya mahal banget bro, mana buat jalan pun kurang nyaman karena belum ada trotoarnya. Sekarang, aku mau cerita sedikit tentang pengalamanku jalan-jalan di Farmhouse Lembang, semoga bisa membantu buat kalian yang mau jalan-jalan ke Bandung ya!

*disclaimer : nggak semua foto-foto di bawah ini aku ambil sendiri, ada juga yang aku ambil dari blog atau website lain, yang sumbernya udah aku taruh di caption

Pintu masuk Farmhouse Lembang. Itu yang ditaliin adalah 'trotoar' buatan tempat pejalan kaki buat jalan masuk
sumber : http://www.nchiehanie/com/

Tempatnya sih lumayan bagus dan instagram-able. Sayangnya aku nggak menemukan esensi dari nama 'Farmhouse' karena aku nggak menemukan perternakan sapi disana, malah nemunya sarang burung dan atraksi domba dan kambing. Untuk masuknya dikenakan tiket Rp20,000 per orang yang mana tiketnya bisa ditukarkan dengan susu atau sosis. Di dalamnya ada restoran, cafe, dan beberapa toko oleh-oleh dan cemilan. Yang menarik, disini ada toko peminjaman kostum ala-ala perternakan belanda dan kamu bisa pake di semua area Farmhouse. Jadi lumayan banyak orang yang keliling pake kostum imut ini. Sayangnya aku nggak makan disini, jadi nggak bisa cerita tentang makanannya. Aku nggak beli apa-apa, sih lebih tepatnya. Oh iya, hampir lupa, disini juga ada sarang burung gereja yang kecil-kecil imut dan atraksi kambing dan domba. Aku kurang tau sih kalau weekdays apakah ada atraksi ini juga atau tidak. 

Tiket masuk yang bisa kamu tukarkan dengan susu sapi atau sosis
Tempat ini photo-able dan instagram-able banget. Dekorasinya dibikin outdoor ala belanda dan banyak banget spot keren buat foto. I think that's the main factor why this place always crowded... Tapi, karena weekend disana itu rame buanget, dan aku anaknya emang rada old soul dan nggak suka tempat ramai, agak males buat foto-foto. Kalau mau berniat nongkrong lama disana dan hunting foto, lebih baik weekdays dan off-season aja, deh. 

salah satu spot foto paling hits
sumber : http://www.duniakulinerbandung.com/
Ada yang pernah liat spot foto diatas? Aku nggak sempet foto disini sih, males. Rame banget, sih.

Sejujurnya aku agak kecewa sama tempat ini karena nggak sesuai ekspektasiku. Nama 'farmhouse' menurutku nggak menggambarkan tempat ini karena nggak ada bentukan perternakannya (atau aku yang belum mengexplore sampai situ?), lebih cocok disebut 'holand village' atau semacamnya. Areanya kecil juga, jadi buat kalian yang berjiwa explorer menurutku nggak akan cocok. Tempat yang kecil bikin terkesan sempit juga kalo lagi holiday season gini. Biayanya agak mahal, but I dont mind karena aku yakin maintenance tempat ini pasti susah juga. Parkirnya sih yang aku nggak terima, per mobil Rp20.000 flat, atau seharga 4 jam di Pondok Indah Mall... . Apa mungkin karena plat B kali yaa jadi sengaja di kasih mahal.


Kenalan dulu! Yang atas ini kakakku papaku, yang bawah kembaranku adikku.
Kalian sudah pernah ke Farmhouse Lembang belum sih? Kalau menurut kalian Farmhouse ini asik buat wisata, comment dong dibawah, mungkin aku akan tergoda mencoba kesana lagi dengan orang yang berbeda dan di waktu yang off-season biar nggak rame. 

Setelah ini, aku mau cerita juga tentang Dog House yang di Bandung, letaknya searah dengan Lembang ini. Di next post yaaa, ditunggu :D 

Jangan lupa comment, follow, dan share post ini ke teman-teman dan social media kamu yaaa! Button-nya ada di bawah post ini kok, nggak usah pusing nyarinya. Kalau ada yang punya saran untuk post dan gaya penulisan aku atau rekomendasi pacar buatku, don't hesitate to comment. I looove comments~

see you again in the next post!

Stay young and awesome, 


You Might Also Like

2 komentar

  1. itu di bandung? wah rekomendasi banget ya !
    btw mau floow gfc ? nanti aku floow balik :) makasihh

    coolcatj.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa di Bandung, tempatnya sih memang bagus, tapi rame bangeeettt >.< udah aku follow yaa gfc-nya, ditunggu follow backnyaa :):)

      Hapus

Thank you for reading!

Silahkan tulis comment kamu dibawah ini! Rekomendasi, pertanyaan, feedback, atau follow gfc juga boleh. Please use your real name and e-mail. Spam comments will be block. Thank you!

Popular Posts

Bloglovin'

Communities

Blogger Perempuan
Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support