5 Tips Anti Rakus Saat Lebaran

13.53.00


customized from https://pixabay.com/en/users/Counselling-440107/
Lebaran sebentaaaaaar lagiii~ *nyanyi*

Hai semua! Apa kabarnya?

Nggak terasa yaaa sebentar lagi udah lebaran aja. Pasti udah mulai pada mudik, terus yang jadi host open house udah siap-siap belanja buat masak, yang orang tua udah siap-siap keluarin duit THR, dan yang muda-muda udah siap nadah tangan buat THR *eh*.

Sebelum lebaran, aku mau ngucapin, 
Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Idul Fitri untuk semua teman-teman yang merayakan, semoga di idul fitri ini diberikan kesejahteraan untuk kamu sekeluarga. Cilla meminta maaf apabila Cilla ada salah dalam tulisan di blog ataupun komentar-komentar Cilla di blog lain, because I can get so sarcasm sometimes, I know.

Cilla nggak merayakan lebaran, tapi beberapa saudaraku merayakannya, jadi aku biasanya kalau lebaran juga bertemu dengan saudara-saudara dan bahkan ikut bantu-bantu hostnya juga untuk menyiapkan makanan dan tempat. Jadi berasa lebaran beneran hihi. Masih inget banget, dulu bantuin saudara nyiapin makanan, terus ketemu saudara-sudara, terus kalau nggak ada kerjaan ngumpet di kamar lalu makan. Lebaran beneran bikin lebar-an, right? :"")

Bukan cuma lebar-an, kebanyakan makan saat lebaran itu bisa berakibat sakit perut atau bahkan pusing-pusing, apalagi buat yang punya kolesterol dan darah tinggi. Salah seorang dosenku, yang seorang dokter, pernah cerita kalau saat lebaran IGD sering ramai gara-gara orang-orang sakit karena kebanyakan makan. Emangnya kurang makan aja yang bisa bikin sakit? Ternyata kebanyakan makan juga bikin sakit. 

Healthy plating yang sering kali terlupa kalau lagi rakus.
sumber : http://choosemyplate.gov/
Cilla punya beberapa tips untuk menghindari kerasukan kerakusan saat lebaran, semoga membantu! Nggak cuman lebaran, sih, tapi bisa juga dipakai sebagai tips anti makan banyak juga. Tapi karena ini momen menjelang lebaran, jadi cocoknya tips anti rakus saat lebaran kali yaaa.

Lebaran adalah cheat day, menikmati makanan enak setelah sebulan berpuasa menahan lapar dan dahaga, yes yes I know that. I'll go easy on you guys karena ini hari lebaran, aku akan kasih tips yang cheat-day-friendly (apa coba maksudnya kata ini) dan mudah. 

5 Tips Anti Rakus Saat Lebaran

Tips #1 : Minum air putih sebelum makan.
Ini adalah tips andalanku, bisa juga buat kalian yang mau mengurangi makan dalam occasion apapun, missal kamu lagi pengen diet. Minum air putih sebelum makan akan memenuhi perut kamu, jadi kamu makannya nggak kebanyakan. Kenapa harus air putih? Kenapa nggak soda gembira? Yha soda gembira sodanya banyak banget kakak, sama aja boong, dong.

Hippo can't hold her liquor so she's drinking water.
source
Tips #2 : Ambil sedikit-sedikit.
Kalau makannya prasmanan, ambil dikit-dikit tuh rasanya susah, ya nggak sih? Apalagi kalau menu lezat terpampang didepan mata, rasanya pingin bawa pulang sekarang. Well, sedikit tips dari aku, adalah ambilnya kalem aja bro, gausah ambil nasi segentong karena kamu nggak akan mampu abisinnya, kecuali kamu adalah Hulk. Ambilnya sesendok aja, jadi kamu masih ada ruangan untuk ambil makanan yang lain.

Andaikan makanan lebaran sesehat ini.
source
Tips #3 : Take some time before your next meal.
Abis opor ambil sate. Abis sate ambil kue. Abis kue ambil kue lainnya, sampe cookies satu toples abis. Pulangnya kenyang bego. Jangan! Kasih jeda waktu sebelum kamu nambah, bisa kamu pakai untuk muterin rumah orang, nyapa-nyapa keluarga, kenalan sama ponakan, minta kenalan sama calon mertua *eh*. Biarkan perutmu istirahat dulu, jadi kamu akan lebih mudah merasa kenyang.

Tips #4 : Jauhi sirup, go for water.
Es buah berkeliaran selama lebaran, dengan tumpukan esnya dan potongan buah dan sirup manisnya bikin segar... Nyaam... Ambil satu gelas, ketagihan, ambil yang kedua. Jangan!
Sirup itu gulanya banyak banget bro sis, unless kamu berencana gula darahmu naik drastic setelah lebaran, it's okay. Tapi, lebih baik berjaga-jaga. One glass is enough,

being fancy with infused water, kalau ada.
source
Tips #5 : Tahu diri.
Bukan, ini bukan hits singlenya Maudy Ayunda yang tentang galau-galauan. 
Tips terakhir, yang harus kamu ingat, siapapun kamu, adalah tahu diri. Satu, jika kamu adalah tamu, tolong tahu diri ambil makan yang secukupnya aja, apalagi kalau masih banyak tamu yang lain. Dua, kalau kamu punya kecenderungan darah tinggi atau kolesterol tinggi, don't forget that fact even just for one day. Hanya kamu yang tahu batas kemampuan makan kamu, jadi jangan dilebih-lebihkan yaaa. 

Ingat, kuncinya adalah tidak makan berlebihan dan tahu batasnya aja.

Jangan latah ngeliat orang depan ngambil banyak, alhasil kamu ikut ambil banyak. Jangan latah ngeliat makanan enak banyak didepan mata, alhasil kamu nggak pingin kehabisan dan ambil banyak. Jangan rakus, kak, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik :)

Okaaay, segitu aja tips anti rakus saat lebaran dari aku! Tips-tips sederhana, namun seringkali dilupakan. Aku harap kalian ingat ini sebelum makan saat lebaran.Once again, selamat idul fitri semuanya!

See you on my next post!

Stay young and awesome, 
Facebook | Instagram | E-mail

You Might Also Like

10 komentar

  1. Wah, Cil. Bener banget tuh. Kalo lebaran apa apa mau dilahap semua. Dulu semua makanan langsung dilahap masuk mulut. Kalo sekarang aku udah bisa ngontrol. Biasanya kalo disuguhi minuman-minuman, aku lebih milih air putih aja daripada yang soda gitu. Well, emang enak sih. Tapi ntar gak jadi enak pas udah liat angka di timbangan x_x


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bener banget sheeer, hrs itu dikontrol. Semoga lebaran kali ini bisa maaf maafan sama timbangan ya sher :p
      Terima kasih sherrr sudah mampir! :D

      Hapus
  2. kalo lebaran gini pasti kalap banget, timbangan naik sampe naik 2kg, sia-sia diet pas puasa kemarin :(
    apalagi tiap namu pasti disuguhin ngga enak kalo ngga makan udah gitu makannya kolestrol semua X_X

    talkingwithbeki.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banget kalo disuguhin pasti gaenak yaa, tapi harus pinter pinter ngeles dan pinter nolak, gimana pun badan sendiri kan kita sendiri yang tau, bukan orang lain :)
      jangan lupa maaf maafan ya sama timbangan :p
      makasih beki udah mampir!

      Hapus
  3. met lebaran yahh ^^
    hihi menurut ak gpp sih rakus dihari lebaran, kan setahun sekali XD
    tapi kalo mau rakus mest milih milih jg yah makanan & minumannya :P

    torichux3.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Tori! Aku nggak lebaran, tapi makasih banyak udah mampir! :D
      Iyaa sedikit cheat day nggak apa, tapi ya bener itu harus milih makanannya :)

      Hapus
  4. Wah udah terlanjur makan banyak pas lebaran kemarin sebellum baca postitngan ini kak wkwk gimana dong?

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo willy!
      Hahaha gapapa sayang, penyesalan selalu datang belakangan :") kalau gitu bisa jadi pelajaran buat lebaran taun depan hihi. Untuk sekarang, yuk dinormalin lagi makannya, ditambah olahraga sedikit demi sedikit untuk membalas yang kemarin.
      Terima kasih sudah mampir! :)

      Hapus
  5. wah sangat menarik nih. Ini nih yang paling dibutuhkan pas lebaran. Mencegah badan juga ikut lebar-an hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Afraaa feedbacknya dan terima kasih udah mampir! :D

      Hapus

Thank you for reading!

Silahkan tulis comment kamu dibawah ini! Rekomendasi, pertanyaan, feedback, atau follow gfc juga boleh. Please use your real name and e-mail. Spam comments will be block. Thank you!

Popular Posts

Bloglovin'

Communities

Blogger Perempuan
Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support