7 Tips Untuk Hidup Lebih Sehat

13.56.00

Being healthy is all about feeling good about yourself, not about how other people see you, not about your size.
source : Pixabay
Haloo Beauties <3

Lifestyle hidup sehat mulai populer. Mulai dari banyaknya komunitas olahraga seperti lari dan lainnya, sampai cathering makanan sehat. Restoran berbau vegetarian dan organic pun banyak dibuka. Gym dibuka dimana-mana, Health influencer mulai banyak yang populer. 

Aku sebagai anak yang suka hal-hal yang berbau sehat-sehat, aku seneng dengan perubahan lifestyle kayak gini. Masyarakat mulai punya kesadaran untuk hidup sehat, dan semakin banyak juga dukungan untuk mulai hidup sehat. Orang nggak lagi melihat gaya hidup sehat sebagai, "ew, sok sehat lo", tapi sebagai,"ajarin gue makan sehat juga, dong."

Sedikit cerita ya guys. Aku mulai melirik hidup sehat sejak tahun 2011, dan hidup lebih sehat menjadi resolusi tahun baruku di tahun 2011. Sebelumnya aku makannya udah kayak kuli saking banyaknya, nggak mikir apa-apa, olahraga lemah banget parah (selalu mau pingsan tiap kali kelas olahraga saking nggak kuatnya), sampe aku hampir obesitas. Dulu aku pernah hampir 60 kg, sementara tinggiku gak nyampe 155cm, jadi kebayang lah ya aku bantetnya gimana. 

Dan jujur aja, aku gak pede saat itu. 

Dulu mama yang menyadarkanku untuk mengurangi berat badan dan menjaga pola makan. Awalnya sih komitmen cuma 50%, tapi lama kelamaan jadi keterusan hingga sekarang. 

Perjalananku sejak tahun 2011 emang nggak sehat-sehat amat sampe bisa dibilang Health Influencer. Aku bukan ahli gizi, nggak pernah konsultasi ke ahli gizi atau ke dokter, cuma berdasarkan saran orang-orang dan cari sendiri di buku atau majalah atau website. Aku emang dari dulu nggak mau diet diet yang gak sehat yang kayak nggak makan sama sekali atau minum jamu jamu pelangsing atau minum obat karena nggak pengen jadi ketagihan. Aku dari dulu percaya bahwa kurus dengan sehat pasti akan last longer daripada kurus dengan tidak sehat.

Sehat bukan berarti kurus. Banyak juga kok yang kurus tapi nggak sehat, dan ada juga yang tetap (maaf) gendut, tapi pola hidupnya sehat.

Being healthy is all about feeling good about yourself, not about how other people see you, not about your size.

Di post ini aku mau rehat sejenak dari post berbau beauty-beauty-an, tapi aku mau berbagi ke kalian gimana caranya memulai gaya hidup yang lebih sehat dari yang sekarang kalian jalankan. Semoga membantu!

7 Tips Untuk Hidup Lebih Sehat

1. Komitmen. 
Ini adalah hal utama dan terutama dari semua ini. Kesadaran harus dimulai dulu sejak dini, baru abis itu semuanya pasti akan terasa lebih mudah.
Dulu aku memulai diet dengan Herb*life tapi komitmen setengah, alhasil masih tetap ngemil dan nggak terlalu jaga makan. Ngaruh, sih, tapi dikit. Kalau kamu udah punya komitmen dan kesadaran, dengan cara apa aja pasti bisa, ngga harus dengan Herb*life atau lain-lainnya.
Gak papa, yang penting udah ada komitmennya.
source : http://he.memegenerator.net/instance/61296081
2. Process and Patience. 
Semua hal baik itu butuh proses, nggak ada yang instan. Mau kurus dengan instan? Gampang! Kamu nggak makan seminggu juga kurus. Tapi apakah kamu akan sehat? Belum tentu. Palingan hari-harinya udah keliyengan dan nyaris pingsan. Jangan percaya dengan kata-kata "Turun 5 kg dalam waktu 5 hari!" karena biasanya itu hanya iklan. Memang ada yang berhasil, tapi cara yang baik nggak akan se-singkat itu.

3. Memulai dari yang ringan. 
Proses itu nggak bisa dipaksakan langsung ke hal yang berat. Kamu pengen olahraga jalan kaki misalnya, mulai dari 3 km per hari, lalu setelah seminggu, naik lagi jadi 5 km, dan seterusnya. Kamu pingin nge-gym, bisa mulai dari beban yang ringan dulu, lalu makin naik seiring dengan berjalannya waktu. Biasakan lah dirimu dulu dengan yang ringan, lalu setelah itu meningkat.
source : @brightlifego
4. Menjaga makan. 
Ini penting banget guys, karena apapun yang masuk ke mulut kita berpengaruh kepada kesehatan kita. Kalau kamu sehat, mulai dengan mengurangi junk food, makanan instan, memperbanyak makan serat dari buah dan sayur, dan mengurangi rokok. Kalau kamu mau mengurangi berat badan, kamu bisa mulai dengan makanan sehat, mengurangi porsi makan, dan mengurangi cemilan. Misalkan, aku dulu yang awalnya makan nasi putih segenggam tangan, dikurang jadi setengah genggam, lalu sekarang diganti jadi nasi merah atau nggak ada nasinya sama sekali.

Kamu juga bisa mencari alternatif makanan yang lebih sehat lainnya. Misalnya, ganti sarapan buburmu menjadi oatmeal sehat dan simpel seperti yang sudah aku lakukan.


5. Olahraga! 
Jangan duduk-duduk dan tiduran terus, girls. Mulailah bergerak sesering yang kamu bisa. Misalkan jalan kaki atau jogging tiap pagi, kalau ke mall cobalah jalan-jalan ngelilingin mall daripada nongkrong ngemil di coffee shop. Kalau kamu males keluar, ada banyak workout yang bisa kamu lakukan di kamar, loh! Kamu bisa cari di youtube, seperti favoritku adalah FitnessBlender atau Blogilates.

6. Tips terakhir, konsisten. 
Jangan stop karena alasan bosan atau terlalu sibuk. Semua bisa diusahakan kok kalau kamu memang mau sungguh-sungguh. Bikin jadwal dan perjanjian sama dirimu sendiri, supaya kamu bisa tetep stay on track.
source : http://gymaaholic.tumblr.com/
7. Ini tips terakhir, beneran. Adakan cheat-day atau me-time. 
Misalkan cheat-day kamu setiap hari Minggu dimana kamu bisa makan eskrim, atau hari istirahat kamu. Kenapa harus ada ini? Anggap aja sebagai reward kamu dan menjaga supaya kamu gak bosen :))
boleh nih buat cheat day. Asal jangan lupa diri juga yak makannya.
Naah sekian tips hidup lebih sehat dari aku! Semoga bisa membantu kalian yang pengen mencoba hidup sehat, tapi bingung mulainya dari mana. Ada banyaak banget health influencer di luar sana yang bisa kalian stalk dan ikuti gaya hidupnya. 

Kalau ada saran gaya hidup sehat yang lain, yuk sharing aja langsung di comment box! Kita bisa diskusi bareng-bareng. 

Kalau ada saran atas posting ini atau posting lain, atau saran aku harus ngepost apa next time, boleh banget tulis di comment box dibawah ini! Jangan lupa sertakan URL blogmu supaya aku bisa visit kembali. 

Scroll terus yaa kebawah untuk comment boxnyaaaa :)

Jangan lupa follow aku via Google Friend Connect atau Google+ aku, dan juga social media aku lainnya dibawah ini, untuk terus updated dengan posting terbaru aku. 

See you on my next post!

Stay young and awesome, 

Facebook | Facebook Page | Instagram | E-mail
Share this post to your social media! Click the icon down below

You Might Also Like

12 komentar

  1. sekarang hidupku lebih sehat dari yang dulu Cil ^^ sekarang makan nasi dalam seminggu bisa diitung pake jari. makan yang fast food udah ga lagi. dan emang bener loh, KOMITMEN! kalo komitmen aja susah, gimana badan mau sehat? badanku sekarang belum ideal banget, tapi stamina udah jauuuhhhh lebih bagus daripada yang dulu dulu.

    cheat day ku di hari sabtu atau minggu! di hari2 biasa aku jaga makan banget (yaaaah walopun sesekali masih makan mi instan karena ngidam banget x_x) hahahhaah, tapi kalo udah masuk masa PMS, aku ngidam banget sama makanan dan cemian asin2.. alhasil aku biarin ajalah makan ga sehat dulu. entar baru digenjot lagi olahraganya


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. baguuuuus dong sher :D iya bener banget yg penting itu komitmen sama patiencenyaaaa, harus ada kesadaran dari dalam.
      Parah sih kalau lagi PMS dan mens pasti nafsu makan meningkat dengan tajam.... semua pengen dimakan, rasanya selalu lapar -_-

      Hapus
  2. kalau aku paling susah tuh ya patience ahahhaah apalg klo udah PMS dan ngerasa bloated plus pengen makan macem macem hadooohh bisa cranky tuh aku hahahah! mana aku olahraga juga terbatas (saran dari dokter) jadi suka makin kzl udah abs makan banyak mau olahraga agak extreme ehh fisik terbatas huuhh

    Ray http://elusive-enigma.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iyaa banget sih kalo lagi pms dan mens semua pengen dimakan ya ray :(
      Yaaah kalau terpaksa dibatasi dari makannya aja raay agak dijaga. Sekali sekali cheat sih ga masalah lah ya :))

      Hapus
  3. Aku dulu mau masuk kuliah malah nggak diet ketat (cuma makan kentang kalau siang sih) pagi dan sore biasa turun dari 69 ke 53 sih Cil... selama dua tahun aku gitu... masuk kuliah malah badan kek tengkorak. dan sekarang aku naik BB terus, makannya maruk soalnya XD ... tapi sekarang stuck di 58 aja sih XD


    XD

    christinauntari.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uun enak dong itu mah ga diet tp bisa turun trs, lah aku gabisa kalo gitu :')

      Hapus
  4. Wih masalah gendut itu aku udah ada sejak smp :')
    on off gitu dietnya sampe pas kuliah ngerasa udah parah banget akhirnya niat 100%. Sama kayak kamu, aku bener - bener ngurangin nasi. Sampe kalo makan selalu ditanyain temen "makan nasi segitu emang kenyang?" Oh iya minum air putih sebelum sm sesudah makan, juga pas bangun sm sebelum tidur. Alhamdulillah ngaruhnya banyak banget apalagi soal di celana sama baju :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaahh bener banget riz minum air yg banyak!
      senang mendengar progressmu :D

      Hapus
  5. aduh harus mulai lagi nih hidup sehatnya. udah naik 3 kg soalnya. hahaha.
    makasih cilla tipsnya. hihi

    http://www.sparklingrainbow.com/

    BalasHapus

Thank you for reading!

Silahkan tulis comment kamu dibawah ini! Rekomendasi, pertanyaan, feedback, atau follow gfc juga boleh. Please use your real name and e-mail. Spam comments will be block. Thank you!

Popular Posts

Bloglovin'

Communities

Blogger Perempuan
Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support