Solusi Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Erha Removeasy Hair Removal by IPL | Pengalaman IPL di Erha Clinic

By Cilla - 15.57.00

Hi Beauties!

Yang namanya orang dewasa, pasti kita sering ada masalah dong dengan rambut-rambut kecil di tubuh. Simpelnya aja deh, rambut ketiak, rambut betis dan tangan, atau kumis yang berlebihan pada wanita? Seringkali kita merasa terganggu dan tidak nyaman, apalagi pada daerah-daerah yang terlihat dari luar. 

Kalian biasanya menanggapinya bagaimanya gengs? Kalau aku, rambut-rambut halus di tubuhku tumbuh dengan tidak berlebihan, paling hanya di ketiak dan kemaluan. Aku sering merasa tidak nyaman dan aku selalu mencukurnya karena aku masih takut dalam melakukan waxing. 

ERHA Skin, Hair, and Laser Expert

Aku pun baru-baru ini saja mengetahui ada teknologi IPL atau laser, sebuah teknologi untuk mengurangi folikel rambut dengan menembakkan laser ke lokasi yang diinginkan. Setelah survey berbagai klinik kecantikan Jakarta yang menyediakan treatment IPL, akhirnya aku memutuskan untuk melakukan IPL di Erha Clinic karena lokasinya yang dekat dari rumah dan lagi promo hehehe. 

Emangnya, apa sih IPL itu?

Teknologi Intense Pulsed Light (IPL) menggunakan sinar dan seperangkat komputer untuk mengatur kekuatan penyinarannya. IPL merupakan suatu teknologi yang menggunakan sinar dengan panjang gelombang tertentu dengan mengubah energi cahayanya menjadi energi panas. Energi tersebut dapat menghancurkan pigmen di dalam kulit, mengurangi produksi minyak di kulit, mematikan rambut, hingga merangsang pertumbuhan serat kolagen kulit (peremajaan).

Perawatan yang tidak menyakitkan ini (nonablative) menggunakan banyak gelombang panjang dari cahaya yang berwarna. Panjang gelombangnya cukup jauh yaitu 400-1200. Berbeda dengan laser yang hanya menggunakan satu gelombang panjang. Keuntungan lain dari IPL adalah tidak akan merusak lapisan epidermis.

IPL dapat digunakan juga untuk treatment mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, dan mengurangi kerutan wajah juga, yang berbeda hanyalah seberapa panjang sinar yang diberikan

source : IPLBeachside.com
IPL ini juga dapat dilakukan untuk orang berkulit sensitif, namun disesuaikan dengan panjang sinar yang diberikan agar tidak membuat kulit panas dan meradang. 

Aku melakukan treatment IPL di Erha Apothecary Grand Galaxy Park Mall. Ternyata, treatment ini juga tersedia di Erha Apothecary, bukan hanya di Clinic saja. Kaget juga sih ternyata didalam toko Erhastore yang terlihat kecil, ada ruangan treatment yang cukup luas didalamnya.

pengalaman mengunjungi Erha Apothecary Grand Galaxy Park Mall Bekasi

Kok mau treatment di Erha? Ya iya, lah! Erha Clinic sudah berdiri sejak tahun 1999 oleh dr.Ronny Handoko, SpKK(K), seorang dokter spesialis kulit sejak tahun 1972 dengan konsep personalized therapy  yang didukung dengan tim dermatolog dan dokter terbaik, produk-produk inovatif, dan layanan dengan peralatan medis teknologi terkini. Erha juga sudah memiliki lebih dari 95 cabang di seluruh Indonesia, sebagai Erha DermaCernter, Erha Clinic, Erha Apothecary, dan Erha Skin. Dengan branding ERHA Skin, Hair, and Laser Expert, ternyata banyak sekali treatment yang bisa dilakukan di Erha, salah satunya adalah Erha Removeasy Hair Removal by IPL atau metode mengurangi rambut dengan IPL. Tak heran kalau Erha disebut sebagai salah satu klinik dermatologi dan klinik kecantikan terbaik di Indonesia.

Sebelum melakukan treatment, sebelumnya aku sudah booking dulu by phone ke Erha Apothecary Grand Galaxy Park Mall Bekasi. Tapi kalau nggak booking pun tidak apa, karena dokternya standby selama jam operasional Erha Apothecary. Awalnya, aku diminta untuk menunggu sebentar di ruang tunggu karena sedang ada pasien lain yang melakukan treatment. Ruang tunggunya super nyaman, ada sofa yang empuk, tv, majalah, air mineral, sehingga kamu pun juga tidak bosan menunggu. 

ruang tunggu ERHA Apothecary Grand Galaxy Park Mall yang nyaman

Pertama-tama melakukan konsultasi dulu dengan dokter mengenai treatment yang akan dilakukan. Dokter juga menanyakan kapan terakhir kali cukur, kapan terakhir kali waxing, apakah kulitnya sensitif, apakah ada alergi, dan semacamnya. Dokter juga menjelaskan prosedur treatment dengan sejelas-jelasnya dan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pasca tindakan. 

Dokter juga mengingatkan bahwa treatment ini akan terasa sedikit perih sedikit seperti disetrum saat ditembakkan sinarnya, tapi rasa perihnya tidak akan lama. Dokter juga menyarankan untuk melakukan treatment ini 4-6x setiap bulannya untuk hasil yang maksimal, karena memang IPL ini tidak bisa menghilangkan folikel rambut hingga 100%, tapi bisa mengurangi hair grow atau pertumbuhannya. Saat bulu-bulunya tumbuh kembali pun, akan tumbuh sebagai bulu-bulu yang halus. 

Sebelum dilakukan treatment, aku dicukur dulu bulu-bulu ketiaknya untuk mempermudah proses IPL. Setelah itu, digambar pola untuk menentukan lokasi penyinaran. Jujur deg-degan sih, karena belum pernah treatment IPL sebelumnya. 


Saat treatment, rasanya kayak ditusuk + disetrum pake jarum kecil 😂😂 Nggak sakit sih, cuma sedikit perih dan kaget aja. Dan abis itu nggak berasa lagi. Treatmentnya cepat, paling hanya 30 menit mulai dari konsul sampai selesai treatment. Setelah treatment pun tidak terasa lagi perihnya.

Dokter menyarankan untuk tidak memakai deodoran dulu dalam waktu 24 jam pasca treatment karena ditakutkan akan perih, juga tidak scrub ketiak dalam waktu 3 hari, juga tidak berkeringat berlebihan atau olahraga dalam waktu 7 hari pasca treatment karena akan membuka pori-pori dan ditakutkan akan terasa perih juga. 


Buat kamu yang suka waxing, IPL ini juga bisa dilakukan bergantian dengan waxing, tapi dilakukan minimal 3 minggu sebelum dan sesudah IPL. 

Dan inilah kira-kira keadaan ketiakku before dan after tindakan IPL, dan 1 minggu pasca treatment IPL.


Bulu-bulu ketiakku sudah muncul 5 hari pasca treatment, tapi aku nggak kaget karena dokter juga sudah mengingatkan IPL ini tidak bisa sekali jadi, tapi harus berkali-kali. Tumbuhnya juga halus dan nggak nusuk-nusuk seperti abis cukur. 

Harganya berapa Cil?
Untuk harga Removeasy Hair Removal IPL bagian ketiak, harganya adalah Rp399.000 per 1 sesi, atau ada paket 5x Rp1.795.500 (hemat Rp200.000) dan paket 10x Rp 3.391.500 (hemat Rp599.000).  Harga treatment bagian tubuh yang lain ada di foto dibawah ini.


Tentu saja lebih hemat paketan ya dibandingkan per 1 sesi. Eh, tapi, selama bulan desember 2019, Erha ada diskon 20% untuk all treatment IPL. Lumayan kalau kamu buat IPL ketiak di bulan ini, diskon jadi Rp319.200 saja!

Aku senang melakukan treatment IPL di Erha karena tempatnya nyaman, pengerjaannya cepat, dan dokter dan staffnya juga ramah dan informatif banget. Jadi nggak sabar mau treatment selanjutnya! Kalau kamu ingin tahu treatment lain yang tersedia di Erha, kamu bisa kunjungi website Erha Official di www.erha.co.id atau kunjungi social medianya di instagram @erha.dermatology

Jadi gimana? Kalian mau coba juga treatment IPL di Erha? Yuk ikutan!



Stay young and awesome
Youtube : Mahardhika Kartikandini
Facebook : Mahardhika Kartikandini 
Facebook Page : The Rainbow Days by Cilla
Instagram : @mkartikandini
Google + : Mahardhika Kartikandini
E-mail : mkartikandini@ymail.com
Share this post to your social media! Click the icon down below

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Salam kunjungan dan follow disini ya. Salam kenal dari Malaysia :)

    BalasHapus

Thank you for reading!

Silahkan tulis comment kamu dibawah ini! Rekomendasi, pertanyaan, feedback, atau follow gfc juga boleh. Please use your real name and e-mail. Spam comments will be block. Thank you!